Cara Mengukur Efektifitas Visi Perusahaan Anda

Untuk mengukur suatu visi perusahaan, dibutuhkan pemahaman yang lebih mendalam terhadap kata-kata yang digunakan untuk menentukan apakah kata tersebut benar-benar berarti. Anda harus menggali lebih dalam untuk memastikan bahwa setiap orang memiliki pemahaman yang sama terhadap setiap kalimat, maka dari itu cobalah untuk berkonsultasi dengan staf anda dan mencapai konsensus tentang makna arti tersebut.




Mendefinisikan indikator yang tepat dapat digunakan untuk mengukur kemajuan dari visi yang dibuat. Coba kita lihat satu pernyataan visi bersama, misalkan: "Outstanding Value to Customers”. Bagaimana pernyataan ini dapat diukur? Bagaimana anda tahu kapan hal ini dapat dicapai? Ini harus didasarkan pada bukti dan bukan hanya sekedar pendapat. Kemudian, informasi apa yang diperlukan untuk membuktikan bahwa kalimat dari visi tersebut dapat direalisasikan? Pertama, "Outstanding" menyiratkan pada melakukan sesuatu yang lebih baik daripada yang diharapkan. Bagaimana kita dapat mengukur hal ini? Ada dua indikator yang memungkinkan yaitu kualitas dan layanan. Di mana anda dapat menemukan indikator ini? Anda dapat melakukan survei dan meminta pelanggan Anda untuk menilai kualitas atau layanan yang sudah ditawarkan dari perusahaan, ataupun menggunakan data proses internal dari penjualan hingga pengiriman. Alternatif pertama akan memberikan informasi yang anda inginkan tapi mungkin memberikan ketidaknyamanan pada pelanggan anda. Kemudian alternatif kedua, tidaka akan mengganggu waktu dari pelanggan, tetapi hanya melalui pendekatan dari maksud visi perusahaan dalam memberikan nilai yang maksimal.

Kriteria Penentuan Indikator
Untuk mengukur secara efekif kemajuan Anda terhadap visi, sangat dianjurkan bahwa indikator yang dirancang harus kualitas. Beberapa kriteria yang harus diperhatikan dalam menentukan suatu indikator antara lain:
·         Measurable
Indikator tersebut harus dapat diukur. Suatu indikator dapat diukur jika dimulai dengan kata-kata "jumlah", "persen," "rasio," "rata-rata", atau "delta" (perbedaan antara A & B). Misal: adalah: jumlah pesanan pelanggan, persentase dari pesanan pelanggan yang melalui online, rata-rata jumlah pesanan pelanggan per hari, total pesanan pelanggan, perbedaan antara pesanan pelanggan diterima dibandingkan proyeksi
·         Supported By Data
Indikator harus dapat didukung oleh data yang sudah ada dalam sistem data perusahaan, atau dapat diambil dengan memeriksa dokumen-dokumen yang dihasilkan selama proses operasi perusahaan. Jika data yang sekarang tidak ada, anda dapat menilai apakah data yang diambil sudah memungkinkan atau biaya efektif
·         Fact-based
Suatu Indikator lebih bermakna jika mereka berdasarkan fakta, bukan pendapat. Meskipun pendapat dapat memberikan informasi yang berharga. indikator berdasarkan fakta lebih disukai. Sebagai contoh, indikator berbasis opini mungkin pelanggan yang memberikan rating dengan bintang lima terhadap suatu produk pada situs e-commerce. Hal ini berdasarkan pada pendapat pelanggan. Informasi tersebut berharga tapi tidak berdasarkan fakta, sedangkan persentase pelanggan yang memesan produk untuk kedua kalinya adalah berdasarkan fakta. Semakin banyak indikator yang dibuat berdasarkan fakta, maka semakin tinggi kualitas untuk pengukurannya.
·         Reliable
Salah satu kriteria untuk mempertimbangkan menjadi indikator, yaitu sumber datanya harus dapat diandalkan. Keandalan sumber data tersebut bisa dilihat dari akurasi sumber datanya dan kesediaaan data secara teratur.
·         Accurately conveys the intent of the vision
Indikator yang dipilih harus dapat mengukur visi dari perusahaan. Salah satu kriteria dalam memilih indikator adalah penyampain maksud secara akurat dalam visi. Namun, jika data untuk indikator ini tidak ada atau sulit untuk didapatkan, maka anda dapat memilih indikator yang mendekati maksud dari visi perusahaan anda. 


Penulis :Yose Foejisanto, SE, M. Sc



Magnatransforma Consulting Group sebagai perusahaan konsultansi bidang manajemen, memiliki banyak pengalaman dalam membantu organisasi dalam meningkatkan kinerja organisasi melalui perbaikan proses kerja. Kami selalu berusaha memberikan pelayanan yang lebih baik mulai dari penyusunan strategi hingga proses implementasi di tingkat operasional dan audit untuk menemukan perbaikan. Jika ada hal yang ingin anda diskusi dengan kami, silahkan jangan segan untuk menghubungi Magnatransforma Consulting Groupwww.magnatransforma.com / 021. 29022118


Previous
Next Post »