Pemimpin yang Menentukan Arah Organisasi

“Action without vision is only passing time, vision without action is merely day dreaming, but vision with action can change the world” – Neslon Mandela



Membaca quotes dari Nelson Mandela di atas menegaskan bahwa visi adalah hal yang sama penting dengan eksekusi tindakan untuk mencapai tujuan organisasi. Dari quotes di atas pula menegaskan bahwa setiap organisasi atau kelompok memerlukan visi agar tindakan yang dilakukan tidak sia – sia. Namun apakah yang dimaksud dengan visi tersebut? Kemudian siapakah yang bertanggung jawab untuk menentukan visi dari sebuah organisasi atau kelompok ?
Sebelum membahas seberapa penting visi pemimpin dalam organisasi, berikut ini pengertian tentang visi, misi, strategi, dan pemimpin :
  1. • Visi berasal dari kata vision yang dalam bahasa inggris berarti penglihatan. Dapat diartikan pula bahwa visi adalah pandangan keadaan ideal yang ingin dicapai di masa depan oleh sebuah organisasi.
  2. • Misi menjelaskan alasan keberadaan organisasi dan menjelaskan apa yang akan dilakukan organisasi guna mendukung tercapainya tujuan organisasi.
  3. • Strategi menjelaskan cara yang dipilih oleh organisasi dalam melaksanakan misi organisasi guna mendukung pencapaian visi organisasi.
  4. • Pemimpin adalah seseorang yang dapat menggerakkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa setiap organisasi memerlukan visi dan misi, dan pemimpinlah yang bertugas untuk menentukan arah tujuan organisasi. Karena tanpa adanya pembentukan visi dari pemimpin, organisasi menjadi tidak terarah. Selain itu misi organisasi juga tidak terarah dan strategi organisasi tidak ada, kemudian control kegiatan operasional tidak berjalan dengan baik.
Sebagai contoh, bank XYZ mempunyai visi dan misi sebagai berikut :
  1. Visi
  2. “Menjadi bank yang terbaik di Indonesia”

  3. Misi
  4. • Memberikan pelayanan prima
  5. • Memberikan keuntungan maksimal kepada seluruh stakeholder
Dari contoh diatas, bank XYZ mempunyai tujuan untuk menjadi bank yang terbaik dan terunggul di Indonesia dengan cara memberikan pelayanan yang prima kepada seluruh nasabah dan memberikan keuntungan yang maksimal kepada seluruh nasabah. Dengan adanya visi dan misi pada bank XYZ, maka dapat ditentukan strategi yang akan dipilih untuk mencapai visi dan misi tersebut. Dalam organisasi akan selalu ada kegiatan pengawasan dalam melakukan kegiatan operasional. Kemudian bank XYZ juga akan terus melakukan perbaikan dalam meningkatkan pelayanan baik kepada nasabah maupun kepada pihak lain. Namun apabila Bank XYZ tidak memiliki visi, kegiatan operasional bank akan tidak terkontrol, tidak akan ada kegiatan perbaikan dalam pelayanan.

Gambar 1.0

Dari gambar 1.0 menggambarkan bahwa strategi perlu dikembangkan berdasarkan visi dan misi perusahaan yang telah ditentukan. Disinilah peranan pemimpin dalam organisasi sangat diperlukan. Dalam arti, sebuah organisasi sangat membutuhkan pemimpin yang visioner. Seorang pemimpin yang memiliki kemampuan untuk memikirkan keadaan ideal bagi organisasi di masa depan sebelum orang lain memikirkannya.
Visi, misi, serta strategi sangat berkaitan erat dengan evektifitas pemimpin. Oleh karena itulah sebuah organisasi menjabarkan tujuan organisasinya. Dan karena tujuan itu pula seorang pemimpin membawa organisasi dan menggerakkan tim dalam organisasinya untuk mencapai tujuan organisasi. Karena tanpa adanya visi, misi dan strategi organisasi menjadi tidak terarah. pemimpin yang tidak dapat menentukan visi organisasi diibaratkan sebagai seorang pilot yang membawa penumpang tanpa mengetahui kemana tujuan pesawat tersebut.













Penulis: Indah Ayu Permatasari


Previous
Next Post »