Perspektif Learning and Growth

Pendekatan Balanced Scorecard dalam pengukuran kinerja perusahaan, terdapat 4 (empat) persepektif yang dapat diukur, yaitu Perspektif Financial, Perspektif Customer, Perspektif Internal Process, dan Perspektif Learning and Growth. Perspektif Learning and Growth merupakan salah satu perspektif yang bersifat intangible / tidak dapat diraba, namun merupakan perspektif mendasar yang dapat mendukung ketiga perspektif lainnya. Dengan kata lain, pengetahuan, kemampuan serta keahlian yang dimiliki oleh karyawan dalam sebuah perusahaan merupakan aset perusahaan yang tidak dapat dinilai dengan nominal rupiah, namun sangat berperan penting dalam menghasilkan sebuah output yang diharapkan oleh perusahaan.

Menurut Norton dan Kaplan pada tahun 2004, di dalam pengukuran Perspektif Learning and Growth ini, terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan, yaitu Human Capital, Information Capital, dan Organization Capital.


a. Human Capital
Faktor human capital merupakan keseluruhan faktor dari sumber daya manusia yang perlu diperhatikan oleh perusahaan guna mencapai tujuan perusahaan. Mulai dari manajemen pembelajaran karyawan, evaluasi kinerja karyawan, pengembangan kompetensi karyawan, dan lain-lain. Untuk dapat memenuhi tujuan perusahaan, maka produktifitas dan kapabilitas seorang karyawan haruslah baik. Dan untuk menghasilkan produktifitas dan kapabilitas karyawan yang baik, perusahaan wajib memberikan skill dan knowledge yang dibutuhkan oleh masing-masing karyawan. Proses sharing knowledge ini dapat diberikan dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan training. Training yang diberikan secara tepat sasaran akan meningkatkan skill, knowledge, serta kapabilitas karyawan dalam melakukan tugas dan tanggung jawab yang diberikan perusahaan.

b. Information Capital
Informasi merupakan faktor dasar yang sangat dibutuhkan dalam setiap proses di perusahaan. Sehingga seluruh sistem informasi dalam perusahaan haruslah terintegrasi, agar informasi dapat diperoleh dengan cara yang mudah, tepat, dan tidak membutuhkan waktu yang lama dalam proses pencariannya.

c. Organization Capital
Memilih risiko-risiko yang paling tepat untuk menjadi prioritas perhatian bagi perusahaan, dengan pertimbangan detail risiko tersebut dan gambaran serta kondisi perusahaan, baik secara internal maupun eksternal.

Berikut ini kerangka yang menunjukan hubungan antara sumber daya manusia, sistem informasi, serta culture organisasi terhadap hasil kerja:

Dari keseluruhan faktor yang diperhatikan dalam perspektif Learning and Growth, menunjukan bahwa perspektif ini sangat mendukung perusahaan untuk menjadi organisasi pembelajar, sekaligus mendorong perusahaan untuk terus bertumbuh dan berkembang. Dimana sumber daya manusia merupakan sumber terpenting dalam pencapaian tujuan perusahaan.

Magna Transforma Consulting Group merupakan lembaga konsultansi yang memiliki banyak pengalaman dalam penerapan Balanced ScoreCard, baik di lembaga pemerintah, swasta, dan BUMN, dengan berbagai latar belakang industri. Jika ada hal yang ingin anda diskusi dengan kami, silahkan jangan segan untuk menghubungi Magna Transforma Consulting Group.



Penulis: Indah Ayu P.
Previous
Next Post »