Pentingkah Suatu Masalah?

Jika dalam tempat kerja anda tidak memiliki masalah, maka diri anda sendirilah permasalahanya, karena masalah terbesar adalah masalah yang tidak nampak atau merasa masalah itu tidak ada.


Shigeo Singo Mengatakan “the greatest waste is waste we don’t see” pemborosan terbesar adalah pemborosan yang tidak kita lihat. Sering kali kita beranggapan bahwa masalah itu merupakan hal yang negative, sehingga kita berusaha untuk menjauhi masalah tersebut. Padahal di balik itu semua tanpa adanya masalah kita tidak akan bisa menemukan solusi untuk perbaikan (improve).


Shigeo Singo dalam bukunya berjudul Single Minute Exchange Die mengatakan “Problem is mother of improvement” masalah adalah sumber perbaikan, sumber penemuan, bahkan sumber ide. Dengan adanya masalah otak kita akan terstimulasi dan mulai untuk berfikir.  Maka motivasilah diri sendiri agar dapat menemukan suatu masalah. 
 
Meminjam istilah dari Renald Khasali, gunakan “management by walking around” terjunlah langsung ke lapangan, Lihat dan amati dan bila memungkinkan cobalah kerjakan apa yang karyawan paling bawah kerjakan. Dari situlah akan terlihat apa yang akan menjadi masalah.

Dengan memperhatikan ketiga aspek diatas dan memperhatikan kegiatan yang dilakukan maka masalah tersebut akan lebih mudah untuk ditemukan. Setelah menemukan suatu masalah, hal yang paling penting adalah mencatat semua permasalahan yang ada agar tidak lupa. Hal ini merupakan hal penting yang sering dianggap remeh.

Magna Transforma Consulting Group sebagai perusahaan konsultansi bidang manajemen, memiliki banyak pengalaman dalam membantu organisasi dalam meningkatkan kinerja organisasi melalui perbaikan proses kerja. Kami selalu berusaha memberikan pelayanan yang lebih baik mulai dari penyusunan strategi hingga proses implementasi di tingkat operasional dan audit untuk menemukan perbaikan. Jika ada hal yang ingin anda diskusi dengan kami, silahkan jangan segan untuk menghubungi Magna Transforma Consulting Group.








Penulis: Matiinu Yusa Putra, ST
Previous
Next Post »