Performance Management Dashboard

Untuk menunjang perkembangan industrinya, beberapa perusahaan telah menerapkan Balance ScoreCard untuk mendukung kinerja organisasi nya agar selaras dan mendukung dengan tujuan dari organisasi yang nanti nya akan menuju kepada visi dan misi perusahaan.
Guna mendukung penerapan Balance Scorecard secara lebih baik maka selain diperlukan adanya dukungan, komitmen, serta koordinasi yang baik dari segala lapisan yang berperan serta, kelengkapan dan ketepatan waktu dalam mendapatkan informasi yang tepat dan sesuai juga merupakan salah satu factor yang penting. Mensupport hal tersebut, dapat digunakan suatu system informasi yang  dapat menggambarkan Balance Scorecard tersebut kedalam suatu system aplikasi.


Tujuan & Manfaat:
  1. - Segi efisiensi waktu & dokumentasi.
    Dari sisi pengupdatean infonya, melalui system aplikasi, user dapat menginput hal-hal terkait BSC ini dengan cara mengakses computer mereka dan segera mengisi datanya. Pengguna hanya cukup mengakses aplikasi ini, menginput data dan segera setelahnya PIC yang berwenang terhadap informasi tersebut, dapat melihat adanya perubahan dan data terkini pada system.
    Dengan update terhadap aktivitas terkait Balance Scorecard dapat dilakukan sesegera mungkin, maka sangat dimungkinkan hal ini dapat mendukung proses koordinasi yang perlu dilakukan dalam mensupport berjalannya proses BSC ini.
    Proses dokumentasi juga menjadi lebih mudah dengan adanya suatu update data yang terpusat pada suatu server, sehingga user penginput data cukup melakukan update info pada satu tempat saja, dan user-user terkait lainnya dapat segera melihatnya di aplikasi.

  2. - Kemudahan akses data & update akan info progress terkini.
    Melalui pengaturan yang baik pada user management, maka kita dapat menentukan siapa saja yang dapat mengakses menu tertentu pada system aplikasi BSC ini, sehingga memungkinkan bagi PIC yang bersangkutan di dalam perusahaan untuk dapat segera mengetahui perkembangan dan informasi terkini dari Scorecard dan hal-hal yang terkait didalamnya.

  3. - Fungsi monitoring yang lebih baik.
    Dengan adanya suatu sistem data yang ter-pool pada suatu tempat, maka begitu update dilakukan oleh PIC yang bertugas untuk menginput, maka user lain yang berwenang dapat menjalankan tugas supervisi nya dengan lebih efisien. User ini cukup mengakses aplikasi ini kemudian dapat melihat progress terkini yang ada.

- Pengambilan keputusan yang lebih baik

Terkait dengan point diatas, maka dengan informasi yang diperoleh tersebut dapat membantu user dalam pengambilan keputusan dengan lebih baik yang dapat dilakukan oleh user-user yang berwenang melalui analisa data histori dan menimbang situasi atau perkembangan terkini.
Sebagai contoh user interface berikut dapat digunakan oleh user untuk melihat secara keseluruhan bagaimana situasi dari sasaran organisasinya.

Penulis : Ivania Christie, ST.
Previous
Next Post »