Menumbuhkan Respect Pada Lingkungan Kerja

Ada pepatah yang mengatakan ”Jika ingin dihargai orang lain, hargailah dirimu sendiri terlebih dahulu”. Sebagai makhluk sosial, manusia harus menghargai dirinya sendiri, orang lain, lingkungan kerja dan sekitarnya. Menghargai itu adalah sebuah sikap dimana kita menempatkan diri kita sejajar dengan orang lain. Jika kita berbicara tentang lingkungan kerja, seringkali kita lupa menumbuhkan respect (menghargai) pada rekan kerja apalagi kepada bawahan sehingga berakibat tim kerja yang tidak kompak, fitnah dan masih banyak lagi akibat negatif lainnya. Semua hal ini bisa terjadi karena kurangnya respect (menghargai) dalam diri kita sendiri.

Darimanakah muncul respect? Apakah bisa muncul secara tiba-tiba? Jawabannya pasti TIDAK!!!! Rasa respect bisa muncul dalam diri seseorang itu dikarenakan melewati proses. Seorang anak yang tumbuh dalam lingkungan yang memiliki respect (menghargai), kemungkinan besar pada saat ia bekerja akan mempunyai rasa respect (menghargai) di perusaahaan. Artinya apa? Rumah atau keluarga adalah tempat pertama yang menentukan tumbuhnya respect (menghargai).

Apapun posisi Anda di perusahaan dan dimana pun Anda bekerja, respect (menghargai) diperlukan untuk menjaga hubungan baik. Apa manfaatnya kalau kita mempunyai hubungan baik dalam bekerja? Saya akan jelaskan manfaatnya bahwa secara berkesinambungan. Manfaat utamanya adalah suasana kerja pasti terasa nyaman dan kalau sudah terasa nyaman, pasti akan mempengaruhi produktivitas kerja.

Kantor seharusnya menjadi rumah kedua, jadi kalau suasana sudah nyaman, maka Anda akan merasa ”betah” berada di kantor. Anda menghabiskan waktu lebih banyak di kantor dibandingkan di rumah, jadi coba Anda bayangkan jika Anda tidak merasa betah di kantor? Anda pun tidak akan merasa ”hitung-hitungan” untuk bekerja di kantor. Manfaat berikutnya adalah kalau Anda dilihat tidak ”hitung-hitungan” dengan kantor, ada kemungkinan Anda mendapat promosi karena Anda dilihat rajin bekerja, atau Anda mendapatkan jaringan teman atau klien yang lebih banyak.

Anda pasti sudah bisa berpikir lebih lanjut apa manfaatnya kalau mendapatkan promosi. Anda bisa mendapatkan pendapatan yang lebih besar dan jenjang karir yang lebih baik lagi. Semua ini bisa dimulai hanya dengan semudah menunjukkan rasa respect (menghargai). Lalu bagaimana kalau Anda mempunyai rekan kerja atau lingkungan kerja yang tidak menunjang, yang suasana kerjanya sangat negatif?

Anda mempunyai dua pilihan jika dihadapkan dengan masalah ini, fight atau flight. Fight maksudnya adalah Anda bisa berusaha menjadi agen pembawa perubahan dikantor dengan menjadi individu yang memang secara konsisten apa pun yang terjadi. Flight maksudnya adalah kalau Anda merasa sudah melakukan semua cara dan lingkungan kerja tetap negatif maka Anda mempunyai pilihan untuk resign dan berkarir di tempat lain.

Apa pun pilihan Anda, berikut adalah tips untuk menunjukan respect (menghargai) di lingkungan kerja

  • - Be Trusting (percaya kepada pilihan orang lain): biarkan rekan kerja kita
    memilih dan bertanggungjawab atas pilihannya.
  • - Be Fair (adil): Dengarkan cerita dari semua sisi sebelum kita menarik
    kesimpulan.
  • - Be Polite (sopan): Selalu gunakan kata Tolong dan Terimakasih.
  • - Be Reliable (dapat diandalkan): Penuhi janji, tunjukan anda benar – benar
    menganggap janji tersebut penting.
  • - Be a Good Listener (pendengar yang baik): Berikan perhatian penuh saat rekan
    kerja memerlukan bantuan kita
- Tularkanlah rasa respect (menghargai) ini di lingkungan kerja Anda secara tulus.

Respect yourself before you respect others!!!


Ciao.....
Penulis : Laura Caesilia Lintong, M. Psi., Psi.
Previous
Next Post »