Implementasi Performance Management Dashboard

Dalam lingkungan yang kompetitif dan semakin kompleks seperti saat ini maka implementasi strategi menjadi sangat menantang. Adalah merupakan hal yang niscaya bahwa saat ini organisasi baik yang bersifat profit maupun non profit harus dapat mengelola dan mengimplementasikan strategi secara efektif dan sistematis. Manajemen pada level senior seringkali menemukan tantangan bagaimana menurunkan strategi level korporasi menjadi level operasional dan bahkan sampai dengan level individu, secara jelas dan terkoordinasi dengan baik. Dalm hal ini maka kita perlu menggunakan alat bantu sebuah software yang didesain untuk memudahkan manajemen agar mempunyai kejelasan dalam mengartikulasikan dan mengimplementasikan strategi. Software tersebut sering dikenal sebagai performance management dashboard. Sering disebut dahsboard karena software tersebut mampu menampilkan indikator kinerja seperti halnya kita melihat "dashboard" mobil.Di dalam dashboard mobil maka kita bisa mengetahui kondisi mobil saat ini, seperti berapa kecepatan mobil, berapa liter bahan bakar yang masih ada, konsumsi rata-rata bbm per km, oli mesin, rpm dan lain sebagainya.




Seperti kita tahu  bahwa dalam implementasi strategi, kita harus bisa mengukur keberhasilan strategi menggunakan indikator kinerja dan tentunya upaya yang harus dilakukan untuk dapat mencapai kinerja yang sering disebut dengan inisiatif strategis atau program kerja. Tentunya untuk dapat menilai kondisi kinerja organisasi atau perusahaan maka software tersebut harus mampu menampilkan indikator-indikator kinerja penting yang tersusun secara sistematis baik pada level strategis melalui key performance indikator ataupun pada level operasional yang menunjukkan apakah strategi inisiatif ataupun program kerja yang harus dilakukan untuk bisa mewujudkan suatu kinerja yang baik telah dilakukan ? Melalui software dashboard ini, kita bisa melihat  kinerja perusahaan kita dengan otomatis dan real time seperti berapa tingkat penjualan di setiap wilayah  pada bulan ini,  berapa jumlah transaksi per pelanggan, berapa tingkat caat produk, berapa pangsa pasar masing-masing produk, berapa jumlah jam pelatihan per karyawan telah dilakukan dan lain sebagainya. Penerapan performance management dashboard memiliki arti yang sangat penting karena dalam implementasi strategi, tahapan paling penting yang harus dilakukan  adalah pencatatan data indikator kinerja utama (IKU). Seringkali kita sudah mendesain IKU sedemikian baik, namun kemudian proses pemantauan IKU menjadi tidak berjalan dengan baik karena tidak didukung dengan suatu sistem pelaporan yang baik dan sistematis. Dengan adanya software performance dashboard ini, kita akan sangat terbantu dalam proses pemantauan data-data pencapaian kinerja organisasi ataupun perusahaan.
 



Apabila hal ini dilakukan secara manual maka dapat dipastikan dalam era saat ini yang begitu kompetitif dan perubahan lingkungan industri yang berlangsung dengan cepat maka hal ini akan banyak membuang banyak waktu hanya untuk mengetahui kondisi dan fakta strategis per hari ini. Otomatisasi melalui performance management dashboard akan membantu manajemen dalam mengambil keputusan penting berbasis fakta dan kondisi mutakhir sehingga diharapkan keputusan yang diambil akan semakin akurat. Kemudian proses kerja dalam mengumpulkan dan menampilkan data strategis maupun operasional menjadi jauh lebih efisien.

Akhirnya mengelola kinerja perusahaan ataupun organisasi secara sistematis dan terukur merupakan salah satu prioritas penting yang harus dilakukan manajemen puncak untuk bisa membawa organisasi ataupun perusahaan meraih keunggulan kompetitif melalui keputusan yang tepat dan akurat dengan dibantu oleh implementasi software performance management dashboard.


Penulis : DR. (Cand) Fahmi Samsul Huda, SE., MM.
Previous
Next Post »